Jember Terkini - Canva adalah pasar besar tempat Anda dapat memamerkan kreativitas Anda dalam mendesain grafik, foto, video, dan stiker. Pasar ini terdiri dari lebih dari 55 juta pengguna bulanan dari lebih dari 179 negara. Kreator mendapat manfaat dari membuat desain untuk Canva dalam banyak hal, seperti mendapatkan royalti dan eksposur ke 85% perusahaan Fortune 500.
Kami akan memberi tahu Anda semua yang perlu Anda ketahui tentang memulai program Kontributor Canva. Mari kita langsung masuk.
Berikut Cara Daftar Canva Creator dan cara membuat tamplate di Canva dengan agar dapat menjualnya dan menghasilkan cuan pasive berupa dollar.
Apa Itu Program Kontributor Canva?
Seperti banyak platform desain grafis online lainnya, Canva juga mendorong desainer grafis untuk menyumbangkan aset desain. Nama proyek ini adalah program Kontributor Canva. Tingkat keterlibatan global dari desainer grafis dan pembuat konten ini membantu Canva membuat perpustakaan gambar dan elemen desain yang sangat banyak.
Anda mungkin ingin bergabung dengan program ini jika Anda dapat membuat salah satu konten kreatif berikut (jika Anda ingin menjalankan usaha sampingan, Anda mungkin ingin menyumbangkan semua konten ini secara teratur untuk memaksimalkan keuntungan Anda):
- Fotografi berkualitas tinggi untuk tujuan komersial.
- Ilustrasi vektor berkualitas tinggi.
- Gambar dengan gaya trending dan tampilan modern.
- Ilustrasi grafis yang memberikan tampilan artistik dan bersih.
- Klip video pendek berkualitas tinggi.
Cara Menjadi Kontributor Canva
Anda harus berada di atas usia legal minimum untuk bekerja di negara Anda atau setidaknya 18 tahun untuk bergabung dengan program Kontributor Canva. Pastikan Anda adalah satu-satunya pemilik konten yang Anda kirimkan ke Canva. Cara mudah untuk melakukannya adalah dengan membuat konten unik untuk setiap kiriman.
Manfaat besar program Kontributor Canva adalah Anda tetap memiliki hak atas kiriman desain Anda, termasuk jika Canva menerima desain Anda dan menjual lisensi kepada orang lain untuk penggunaan komersial atau pribadi.
Program Kontributor Canva terbuka untuk siapa saja yang memiliki akun Canva. Untuk mengakses bagian kontributor:
Buka situs web Canva dan klik Masuk jika Anda memiliki akun. Klik Daftar jika Anda belum memiliki akun. Anda dapat mendaftar melalui Facebook, Google, atau akun email apa pun.
Anda akan diarahkan ke bagian Beranda Canva setelah masuk atau mendaftar. Di menu sebelah kiri, klik Hub Kontributor untuk menyumbangkan desain Anda ke Canva.
Hub Kontributor memiliki bagian berikut untuk membantu Anda dalam perjalanan kontribusi Anda di Canva:
- Unggah: Anda dapat mengirimkan desain Anda melalui bagian ini. Cukup drag-and-drop file dari komputer Anda. Anda dapat mengunggah file JPG, CSV, PNG, SVG, GIF, EPS, MP4, dan MOV.
- Item Saya: Tab ini menunjukkan kepada Anda semua desain yang disetujui. Anda juga dapat memeriksa penghasilan Anda dengan mengeklik tombol Penghasilan saya di tab ini.
- Inspirasi: Anda akan menemukan semua panduan dan instruksi konten di tab ini. Pelajari modul Pembelajaran untuk melatih diri Anda sesuai dengan harapan konten Canva. Kenali ide konten dari bagian Kategori unggulan , yang menampilkan rekomendasi Canva untuk bulan tersebut.
Memulai Halaman Profil Kontributor Anda
Profil Kontributor Canva memungkinkan Anda membuat ruang pencitraan merek pribadi. Anda dapat menggunakan profil Anda sebagai portofolio untuk menarik lebih banyak klien dari pasar global. Itulah mengapa sangat penting bagi Anda untuk memperbarui halaman profil Anda dengan tepat.
Untuk cara memperbarui profil kontributor Anda, ikuti langkah-langkah berikut:
- Klik pada halaman Pengaturan akun di sudut kanan atas.
- Unggah foto profil, logo merek, atau gambar Anda dengan mengeklik Unggah foto .
- Klik Profil publik di menu sebelah kiri. Di sini, Anda perlu mengisi URL profil Canva , Nama tampilan , Deskripsi , Situs web pribadi , dan Lokasi .
- Anda dapat menyalin tautan ke portofolio Canva dengan mengeklik kanan Lihat portofolio , lalu pilih Salin alamat tautan .
- Setelah melakukan perubahan, klik Simpan perubahan di bagian bawah halaman.
Membuat Aset Kreatif
Anda harus mengikuti panduan desain Canva untuk meningkatkan kemungkinan penerimaan konten desain.
Berikut adalah beberapa tips penting yang kami sarankan Anda ikuti:
1. Kualitas Visual
Kualitas visual desain Anda harus realistis, sederhana, dan bersih. Katakanlah Anda sedang membuat ilustrasi manusia, hewan, atau objek; Anda perlu menghindari bayangan, gradien, tekstur, dan pola berlapis yang tidak perlu.
Pastikan pengguna dapat mengenali ilustrasi Anda dalam satu tampilan. Seharusnya tidak ada celah, bagian yang hilang, ruang yang tidak biasa, dan sebagainya.
Untuk desain logo, Anda bisa menggunakan logo imajiner dengan desain generik. Namun, Anda tidak dapat menyertakan logo merek komersial atau versi alternatif apa pun. Demikian pula, Anda dapat membuat karakter fiksi untuk stiker dan ilustrasi, tetapi Anda tidak dapat menggunakan karakter bermerek dagang apa pun.
2. Kemudahan Penggunaan
Pengguna akhir akan membuat konten dengan menggunakan desain Anda sebagai template, jadi pastikan desain Anda ramah pengguna. Misalnya, label grafis harus kontras rendah dan datar dengan ruang negatif yang cukup sehingga pengguna dapat menambahkan teks.
Jika Anda mengirimkan foto, pastikan tidak ada kisi-kisi gambar atau banyak foto dalam format lembar memo. Selain itu, hindari penggunaan teks digital, tata letak grafis, dan emoji pada foto untuk meningkatkan kegunaan.
3. Kesesuaian dan Inklusivitas
Ingatlah bahwa pengguna yang bersekolah dan bekerja mungkin juga menggunakan desain Anda. Oleh karena itu, hindari desain yang mengandung kekerasan, rasisme, grafis yang terlalu seksual, menyakiti diri sendiri, dan sejenisnya.
Buat desain yang beragam dan mencakup warna kulit, orientasi seksual, agama, kepositifan tubuh, dan sebagainya untuk grafik, ilustrasi, atau foto. Strategi ini dapat meningkatkan lisensi konten.
4. Metadata
Anda perlu menambahkan metadata ke aset Anda. Ini memungkinkan mesin pencari Canva untuk menampilkan desain Anda kepada pengguna saat mereka mencari kata kunci apa pun. Metadata harus menyertakan nama file , judul , kata kunci , artis , lokal , dan deskripsi konten .
Berapa Tarif Royaltinya?
Saat pengguna Canva melisensikan desain Anda, Canva membayar royalti kepada Anda. Tarif royalti adalah 35% dari biaya lisensi untuk setiap desain yang Anda miliki. Tidak ada batasan atas jumlah lisensi untuk satu desain.
Anda bisa mendapatkan $0,35 untuk lisensi penggunaan satu kali, $3,50 untuk lisensi multi guna, dan $35 untuk lisensi penggunaan yang diperpanjang. Canva juga akan memotong pajak royalti dari total pembayaran Anda setiap bulan. Ini berkisar dari 0% hingga 30%, tergantung pada perjanjian pajak antara Australia dan negara Anda.
Pikat Pemirsa Global Melalui Canva
Sangat mudah untuk menjadi kontributor Canva yang sukses dan bervolume tinggi setelah melalui panduan yang disebutkan di atas untuk program Kontributor. Anda bisa mendapatkan royalti dan mendapatkan eksposur, serta meningkatkan keterampilan desain grafis Anda.
Saat Anda melakukannya, Anda juga akan mendapat manfaat dengan mempelajari lebih lanjut tentang elemen desain grafis dan penggunaannya.***